banner 728x250

Gernas BCL: Puluhan Penyelam Bersihkan Sampah di Dasar Laut

banner 120x600
banner 468x60

BERITA BAHARI – Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (Gernas BCL) tak hanya dilaksanakan dengan membersihkan sampah wilayah pesisir pantai. Di Ambon, Kementerian Kelautan dan Perikanan mengajak puluhan penyelam membersihkan sampah di dasar perairan (under water clean up) Teluk Ambon pada Kamis (27/10).

Aksi ini merupakan rangkaian kegiatan gerakan nasional Bulan Cinta Laut (GERNAS BCL) yang digagas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

banner 325x300

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Laksamana Muda TNI Dr. Adin Nurawaluddin, M. Han menyampaikan bahwa puluhan penyelam peserta aksi bersih laut ini merupakan kolaborasi dari Pemerintah Pusat dan Daerah serta komunitas selam di Ambon.

“Total ada 51 penyelam berkolaborasi membersihkan sampah yang ada di kolom air dan dasar laut. Ini merupakan wujud sinergitas dan komitmen antar instansi dan stakeholder untuk terus menjaga agar laut tetap bersih dari sampah”, ungkap Adin.

Adin melanjutkan bahwa pembersihan dan pengambilan sampah di dasar perairan Teluk Ambon, tepatnya di Baileo Emas Putih, Air Salobar, Ambon ini berhasil mengumpulkan 30 karung sampah atau sekitar 750 kg sampah.

“Sampah yang berhasil dikumpulkan para penyelam selanjutnya akan dibawa ke tempat penampungan sampah dan diproses Daur Ulang untuk dijadikan produk yang bernilai ekonomiā€, terang Adin.

Aksi bersih dasar laut ini digelar oleh Pangkalan PSDKP Ambon dengan melibatkan Kodam XVI Pattimura Ambon, Polairud Polda Maluku, Marinir Lantamal IX Ambon, Lanud Pattimura Ambon, PPN Ambon, BAKAMLA Zona Maritim Timur, BASARNAS Maluku, KSOP Ambon, BPBL Ambon KKP, BKIPM Ambon KKP, DKP Provinsi Maluku, LSM Econusa, Club Selam PADIS, MEDIC, POSSI Maluku, PARI DIVER, dan PADIK – AD.

Untuk diketahui, Gerakan yang mulai digagas pada tahun 2022 ini dilaksanakan secara nasional mulai tangga 1 hingga 27 Oktober 2022. Hal ini merupakan bukti komitmen KKP dalam rangka implementasi Perpres Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut, yang bertujuan membersihkan sampah agar ekosistem laut tetap terjaga dan lestari, serta bebas dari sampah. Kedepan GERNAS BCL akan rutin dilakukan selama satu bulan di setiap tahunnya.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *